Friday, September 30, 2005

PERANAN MUSLIMAH DALAM MENEGAKKAN DAULAH ISLAMIYAH

MUQADDIMAH
Islam adalah satu sistem hidup yang unik yang mempunyai nilai-nilaihidup tersendiri yang Rabbani, yang tidak dapat ditandingi oleh apa-apa ismepun hasil ciptaan manusia. Di dalam setiap wahyu yang diturunkan Allah SWTkepada Ar-Rasul SAW telah nyata ada terselipnya unsur-unsur keselamatan dan kebahagiaan manusia seluruhnya; khususnya bagi mereka-mereka yang mau tundukuntuk mengabdikan diri mereka kepada Pencipta Yang Maha Agung. Adalah menjadisatu ciri yang unggul di dalam perencanaan sistem hidup Islam yang manatanggung jawab setiap anggota masyarakatnya telah disusun rapi dan teratur, agar dapat melahirkan satu masyarakat yang dapat hidup di dalam kedamaian dankeluhuran serta tinggi budi pekertinya, di mana kaum lelaki dan wanita salingmembantu di dalam rangka usaha mereka mencari keridhoan Ilahi.
Tetapi malangnya...sesudah berlalunya generasi Al Qur'an yang unik,nilai-nilai murni Islam telah mulai pudar dan mulai dilupakan. Muslimin danMuslimah mulai suka mengkhayal dan terlena didendangkan oleh irama jahiliyahyang tidak henti-hentinya berusaha untuk menidurkan ummat Islam di seluruhmuka bumi ini. Islam tidak mati...cuma ummatnya saja yang sudah lama nyenyaktidurnya. Kini sudah sampailah saatnya ummat Islam dikejutkan dan dibangkitkan,supaya dapat menjalankan tanggung jawab mereka sebagai khalifatullah fil ard...menyambung risalah Rasulullah SAW sebelum tibanya Yaumul Hisab nantinya.
Melalui sirah Rasulullah SAW, telah diketahui bagaimana usaha Rasulu-llah SAW membangkitkan ummah di zaman itu yakni Baginda Rasul SAW telah memulaikebangkitan itu dari orang perseorangan, kemudian keluarga dan seterusnya ma-syarakat Islam. Di sinilah wanita Muslim yang merupakan sendi dan anasir Sali-hah (vital elements) pembinaan masyarakat, memainkan peranan mereka.
Peranan wanita Muslim bisa dibagi kepada tiga bagian besar :
(a) Sebagai Muslimah sejati
(b) Sebagai isteri/ibu
(c) sebagai individu dalam masyarakat
a) Sebagai Muslimah Sejati

Sebagai insan yang diciptakan Allah di muka bumi ini perlulah paraMuslimah memahami tentang tujuan penciptaan manusia itu sendiri. Bukan ciptaanyang sia-sia malahan berfungsi besar. Allah SWT berfirman :"(Yaitu) orang-orangyang mengingat Allah sambil berdiri dan duduk dalam keadaan berbaring danmereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata) : "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau,maka peliharalah kami dari siksa neraka." (S. Ali Imran : 191)
Konsep Tauhid dan pengertian Ibadah yang sebenarnya perlu dipahami olehMuslimah. Ibadahnya pada Allah SWT tidaklah terbatas di atas hamparan tikar sembahyang saja. Allah SWT berfirman :"Dan Aku tidak menciptakan jin danmanusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku." (S. Adz-dzaariyat : 56)
Al Qur'an juga menuntut Muslimah (beserta Muslim semuanya) supaya taatpada perintah Allah SWT. Pribadi yang tinggi serta akhlaq yang mulia sangatlahdianjurkan sebagaimana yang telah diterangkan di dalam Al Qur'an (umpamanya sifat-sifat jujur, ikhlas, sabar, tawadhu', tidak dengki dan iri hati, selaluberjihad, dsb.) Firman Allah SWT dalam Al Qur'an :"Sesungguhnya laki-laki danperempuan yang Muslim, laki-laki dan perempuan yang Mu'min, laki-laki dan pe-rempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar-benar,laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu', laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa,laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuanyang banyak menyebut (nama) Allah ; Allah telah menyediakan untuk mereka am-punan dan pahala yang besar." (S. Al Ahzab : 35)
Jelaslah bahwa di dalam melaksanakan tuntutan ad-Deen, Muslimin danMuslimah mempunyai peranan dan tanggung jawab yang telah disesuaikan oleh Allah SWT menurut fitrah dan keupayaan masing-masing. Renungkan juga SurahAn Nisa' : 124, Allah SWT berfirman : "Barangsiapa yang mengerjakan amal salehbaik ia laki-laki ataupun wanita, sedang ia orang yang beriman, maka mereka itumasuk ke dalam syurga dan mereka tidak dianiaya walau sedikitpun."
Maka seorang wanita Muslim itu berhak menerima ganjaran dari Allah SWT,semata-mata dengan ikhlasnya menunaikan tanggung jawab yang telah ditentukanoleh Allah SWT pada dirinya.

>>>>>>>nantilah sambung esok lusa plak..ok!!!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Powered by TagBoard Message Board
Name

URL or Email

Messages(smilies)

Raudhah
Islamic Comics
Alwan Comics
Koleksi Nasyid
Nasyid Baru dan Lama
Komuniti Muslimah
e-Pondok Nusantara
Tazkirah Online
Companions of the Prophet
Abu Darda'
Atikah Harun
Hadi n kak rose
Khadijah Qamaruddin
Nur Arbaieyah
Syahir Nordin
Tengku zawani
Yanti
Zubir
Aida Munira
Ariff Abdussalam
Azamen
Huda Soid
Khamizi
Nik Mun
Saudagar Mimpi
Zul Pahang






Radio IKIM.fm
  • RADIO NUR ISLAM
  • RADIO NUR HIDAYAH
  • RADIO TARBIYYAH
  • RADIO IPIJ
  • RADIO MISG